;
 
 
  home » artikel info » Hitung-hitungan Bisnis Telur Puyuh

Hitung-hitungan Bisnis Telur Puyuh

Posting: Senin, 26 Mei 2014 - Hit 22337 - Kontributor: Agromania

Hitung-hitungan Bisnis Telur Puyuh

Hitung-hitungan Bisnis Telur Puyuh

Permintaan telur burung puyuh terus menanjak dari hari ke hari. Satu peternak bisa kebanjiran pesanan hingga 8.000 telur per hari. Itu belum termasuk permintaan bibit dan daging burung puyuh. Omzet minimal Rp 10 juta per bulan.

Telur burung puyuh menjadi kudapan primadona bagi sebagian orang. Permintaan telur binatang bernama Latin Coturnix japonica ini terus meningkat dari hari ke hari.

Akibat permintaan yang terus bertambah, Soediyono Soediro, peternak burung puyuh di Sukabumi, Jawa Barat, mengatakan, dirinya tidak pernah memiliki stok telur puyuh. Ibarat gorengan, masih di wajan sudah ada yang pesan, katanya.

Soediyono menjalani bisnis peternakan burung puyuh sejak 10 tahun lalu. Peternakan miliknya yang diberi label Campur Sari Farm memiliki sekitar 2.500 burung puyuh dengan produktivitas mencapai sekitar 80%. Total produksi telur per hari mencapai maksimal 2.000 butir.

Ia lebih banyak menjual ke pedagang eceran. Pedagang grosir tidak terlalu banyak, ujar Soediyono. Menurutnya, pedagang grosir selalu membeli dalam jumlah banyak dan memiliki kontrak yang harus dipenuhi. Karena masalah modal, ia belum bisa mengembangkan peternakan miliknya.

Soediyono menjual telur puyuh matang seharga Rp 220 per butir. Harganya lebih mahal karena memiliki kualitas yang bagus. Contoh, ukuran telurnya yang lebih besar.

Kalau telur puyuh produksi peternakan lain berisi lebih dari 100 butir per kilogram, telur produksi peternakan Soediyono hanya berisi sekitar 90 butir. Harganya tergolong stabil. Kenaikan harga terutama jika harga pakan naik, katanya.

Saban hari, setiap ekor burung puyuh memerlukan 20 gram pakan. Itu sebabnya, per bulan, Soediyono sedikitnya membutuhkan pakan hingga 1,5 ton. Dengan harga Rp 450 per kg, ia perlu Rp 675.000 untuk biaya pakan.

Hadi Santoso, peternak burung puyuh di Jombang, Jawa Timur juga kebanjiran pesanan. Sehari rata-rata ia menerima pesanan telur puyuh sekitar 3.000 butir. Kalau sedang ramai bisa mencapai 8.000 butir.

Biasanya, permintaan banyak datang dari pedagang telur. Sisanya dari konsumen rumah tangga. Tapi, Konsumen rumah tangga tidak banyak, ungkap Hadi yang memulai usaha sejak 1997.

Lantaran peternakannya hanya punya sekitar 1.000 burung puyuh, tentu Hadi tidak sanggup memenuhi permintaan tersebut. Karena itu, dia membeli telur-telur puyuh dari peternak lain.

Harga telur puyuh yang sudah matang dibanderol dengan harga Rp 170 per butir. Dalam sebulan, Hadi bisa menangguk pendapatan minimal Rp 10 juta. Saatmemulai bisnis ini, waktu itu saya berusia 19 tahun dan hanya dengan modal Rp 2 juta, ujar dia.

Selain menjual telur puyuh, Soediyono juga menjual bibit dan daging puyuh. Tapi, ia tidak melego burung puyuh yang baru berusia sehari. Jika sudah berumur satu bulan, Soediyono baru melepas seharga Rp 9.500 per ekor.

Ia beralasan, pembeli bibit burung puyuh paling banyak adalah peternak pemula, sehingga akan kesulitan memelihara di bulan pertama kalau bibitnya baru berusia satu hari. Risiko kematian saat masih kecil cukup besar. Dalam dua pekan, bibit-bibit buruh puyuh akan mulai bertelur, ujarnya.

Meski begitu, Soediyono tidak sembarangan menjual bibit burung puyuh. Dalam tempo sebulan, ia hanya menjual dua kali bibit burung yang dalam bahasa Jawa disebut gemak itu, dengan sekali angkat sekitar 500 ekor.

Jika bermaksud mengambil dagingnya, Soediyono biasanya menjual burung puyuh jantan. Bisa juga betina afkir atau betina yang berumur lebih dari dua tahun dan sudah tidak produktif bertelur lagi.

Kalau ada yang ingin beternak burung puyuh, Hadi menyarankan, para peternak pemula memilih lokasi kandang yang pas. Tempat yang paling bagus adalah yang aman dan tidak mengganggu lingkungan sekitar. Selain membuat ternak lebih nyaman, juga bisa menumbuhkan tingkat produktivitas ternak dalam bertelur. (bn/kisahsukses)

SUMBER: ciputraentrepreneurship.com

Artikel & Berita Lainnya (Random)
  • UNDANGAN: Seminar Nasional Ikan Sidat

    Posting: Rabu, 25 Februari 2015 - Hit 17801 - Kontributor: Agromania

    Seminar Nasional Ikan SidatLangkah Jitu Keberhasilan Budidaya, Pemasaran, dan Pengolahan Ikan SidatLATAR BELAKANGKapasitas produksi ikan sidat (anguilla spp) di Indonesia diproyeksi mencapai 12.000 ton, namun realisasi produksinya tercatat hanya sebesar 500 ton atau sekitar 4% dari total kapasitas itu. Padahal, permintaan terus mengalir dari Jepang, Korea, Taiwan, Australia dan Amerika. Pusat ...

  • PROFIL SUKSES AGROSUKSES 004

    Posting: Minggu, 23 Agustus 2015 - Hit 5770 - Kontributor: ABC

    PROFIL SUKSES AGROSUKSES 004Profil Sukses Agrosukses.Com (016)ID Anggota: 0000314 Alamat Lengkap: Kp. Pereng 03/02 Des. Kopo, Kec. Kutawaringin Kab. Bandung Jawa Barat, Bandung, Jawa BaratNama Lengkap: Eep Rohman Bidang Bisnis: MurbeyWebsite Profil: agrosukses.com/id.314 Komoditi Bisnis: PertanianEmail: eepro….@gmail.com Status Bisnis: ProdusenHP/Ponsel: 08562xx9165 Nama Perusahaan: CV ...

  • Tips Sukses Berbisnis Jamur Kuping

    Posting: Selasa, 29 Oktober 2013 - Hit 15336 - Kontributor:

    Berbisnis jamur kuping mungkin belum sepopuler berbisnis  jamur tiram. Namun keuntungan yang akan Anda peroleh dari berbisnis jamur kuping tak kalah besarnya dengan keuntugan berbisnis jamur tiram. Bisnis jamur sendiri merupakan salah satu model bisnis yang sedang naik daun. Makanya tak heran jika banyak orang yang memilih membudidayakan jamur di lahan mereka. selain mudah dalam perawatan, ...

  • Standar Mutu Kopi

    Posting: Minggu, 20 September 2020 - Hit 18061 - Kontributor: PT Agromania

    Standar Mutu KopiNo SNI: 01-2907-1992 Kopi adalah biji dari tanaman Coffea spp dalam bentuk bugil dan sebelum digoreng. Berdasarkan jenisnya, kopi digolongkan ke dalam: robusta, arabika Berdasarkan cara pengolahannya, kopi digolongkan kedalam: pengolahan kering, pengolahan basah Syarat penandaan:Pada setiap pengiriman, bagian luar dari karung diberi keterangan yang berisi:Nama barangIdentitas ...

  • PROFIL SUKSES AGROSUKSES 001

    Posting: Minggu, 23 Agustus 2015 - Hit 3452 - Kontributor: ABC

    PROFIL SUKSES AGROSUKSES 001Profil Sukses Agrosukses.Com (001)ID Anggota: 0000332 Alamat Lengkap: Jl. Bekisar 24 Solo, Solo, Jawa TengahNama Lengkap: Bambang S Bidang Bisnis: Minyak Goreng Bekas, Palm Acid OilWebsite Profil: agrosukses.com/id.332 Komoditi Bisnis: PertanianEmail: cc….@gmail.com Status Bisnis: Penjual LangsungHP/Ponsel: 081216xx3754 Nama Perusahaan: Jabatan Uraian Usaha: ...

  • Daftar Pembeli (Rutin & Kontinyu) (004)

    Posting: Senin, 15 Agustus 2016 - Hit 15862 - Kontributor: Agrosukses Business Club (ABC)

    Pembeli JaheID Anggota: 0002487 Website Profil: www.agrosukses.com/id.2487 Pembeli Ikan KerapuID Anggota: 0002469 Website Profil: www.agrosukses.com/id.2469 Pembeli Talas PontianakID Anggota: 0002483 Website Profil: www.agrosukses.com/id.2483 Pembeli Madu Yaman, KurmaID Anggota: 0002473 Website Profil: www.agrosukses.com/id.2473 Pembeli Getah KaretID Anggota: 0002467 Website Profil: ...

  • Standar Mutu Kemiri

    Posting: Sabtu, 19 September 2020 - Hit 17371 - Kontributor: PT Agromania

    Standar Mutu KemiriNo SNI: 01-1684-1998 Kemiri adalah daging biji kemiri (Alleurites mellucana willd) yang telah dipisahkan dari tempurungnya. Kemiri cacat/rusak adalah kemiri yang berjamur, rusak karena serangga, muda (keriput) dan hangus (bernoda hitam) dan rusak. Kemiri pecah adalah kemiri yang tidak utuh dengan ukuran lebih kecil dari 3/4 bagian utuh. Syarat Mutu:Minyak: Min 60 ...

  • SOLUSI AGROSUKSES: Tanah Tidak Subur

    Posting: Jumat, 9 Januari 2015 - Hit 6775 - Kontributor:

    Saya mempunyai tanah seluas 3.000 m2, berlokasi di Parung, Bogor. Namun, sebagian besar hanya bisa ditanam singkong dan hasilnya pun ada rasa pahitnya. Jika ditanam tanaman buah, hasilnya tidak memuaskan. Tanaman sulit tumbuh dan kurang sehat.Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya kemukakan :Bagaimana cara mengembalikan kesuburannya?Bagaimana memupuk tanaman buah yang sudah besar?Bagaimana ...

  • Standar Mutu Cengkeh

    Posting: Sabtu, 19 September 2020 - Hit 26629 - Kontributor: PT Agromania

    Standar Mutu CengkehNo SNI: 01-3392-1994 Cengkeh adalah bunga yang belum mekar dari tanaman cengkeh Eugenia Carvophvllus (Sprengel) Bullock et Harrison ) famiili Myrtaceae, yang telah dikeringkan. Syarat Mutu:Warna : Mutu I ; Coklat kehitam-hitaman mengkilap, Mutu II dan III ; CoklatUkuran : Mutu I, II dan III ; Tidak apekBahan Asing : Mutu I : 0.5 %, Mutu II dan III ; 1.0 %Gagang cengkeh: ...

  • Standar Mutu Jamur Merang

    Posting: Selasa, 9 Februari 2021 - Hit 837 - Kontributor: Emma (PT Agromania)

    Standar Mutu Jamur MerangNo SNI: 01-6945-2003Jamur merang dinyatakan seragam, bila kultivar jamur merang segar dalam satu partai/lot mempunyai karakteristik kultivar yang sama (ukuran, bobot, bentuk, warna daging dan warna kulit)Jamur merang segar dinyatakan cukup baik untuk dikonsumsi apabila terasa masih agak keras jika ditekan sedikit dengan jari-jari. Jamur merang segar dinyatakan cukup ...